Minggu, 01 Maret 2009

WISATA BOROBUDUR DAN MENDUT

Dalam perjalananku mengikuti kakek pulang kekampung halaman di Jawa Timur, yaitu kota Jombang tempat tinggal orangtua kakek dlam rangka merayakan Hari Raya 1429 H yang baru lalu, aku diajak mampir ke Candi Borobudur dan Candi Mendut yang letaknya tidak jauh dari Candi Borobudur.
Setibanya di Candi Borobudur, kami sekeluarga masuk Candi Borobudur, dengan membayar ticket masuk sebesar Rp.5.000,- per orang. Kedatangan kami ke candi ini adalah untuk yang ketiga kalinya, karena sebelumnya kami sudah dua kali datang kesiniSekarang telah disediakan angkutan terbuka bagi pengunjung yang tidak ingin naik ke atas candi. Dengan naik angkutan terbuka tersebut pengunjung dapat melihat keindahan candi Borobudur dari segala penjuru karena angkutan tersebut mengelilingi candi.



Berdasarkan riwayatnya, candi Borobudur merupakan candi terbesar di dunia, yang merupakan salah satu dari 7 keajaiban dunia. Terletak di sebelah barat laut kota Yogyakarta, sejauh kurang lebih 42 kilometer. Dibangun pada abad VIII, merupakan hasil kerja keras dan di tunjang ketekunan para pekerja dan dedikasi yang tinggi dari kerabat dan rakyat Wangsa Cailendra yang berkuasa pada masa itu. Candi itu benar-benar menampilkan kebesaran kerajaan Cailendra, yang berusaha menggambarkan riwayat hidup Sidharta Gautama dan menjelaskan ajaran-ajaran melaui relief-relief yang terukir indah pada dinding candi.
Dari puncak candi dapat dilihat alam sekeliling yang indah, Gunung Sumbing sebagai salah satu tipe gunung berapi yang ada di daerah Jawa Tengah yang mengepulkan asap tampak disebelah barat antara awan yang bergerak. Bangunan ini merupakan peninggalan nenek moyang kita yang sangat berharga bukan hanya bangsa Indonesia tetapi juga bangsa-bangsa di dunia pun ikut memilikinya.
Sepulangnya dari candi Borobudur kami menuju candi Mendut yang lokasinya tidak jauh dari Candi Bobudur atau kurang lebih 3 kilometer.
Menurut sejarahnya candi Mendut ini dibangun terlebih dahulu dari pada candi Borobudur.


Untuk melihat gambar candi Borobudur lebih banyak klick disini.
Untuk melihat gambar candi Mendut lebih banyak klick disini.

9 komentar:

  1. اندونسيا بلد رائعة أتمني أن أزورها

    BalasHapus
  2. Hai,saya ni peminat kelab bola sepak chelsea,so plaese join komuniti saye ni di http://kampungchelsea.blogspot.com ,ok have a gud day erk..

    BalasHapus
  3. Bagus Sekali Blog anda...
    mau berteman dengan saya?
    Mohon untuk kunjungan ada di http://sonic-sniper.blogspot.com

    BalasHapus
  4. saya suka lihat candi Borobudur..dulu pernah satu kali kesan waktu SMP...semoga tetap dilestarikan dan di jaga

    BalasHapus
  5. 13 Posting : Sadisnya OP2 #BANDUNG(MIRC)

    Tolong dibaca sobz, dan beri komentarnya tentang kasus tsb, keadilan harus ditegakkan , salam 13 !!!

    BalasHapus
  6. was here today.. thanks for the visit

    BalasHapus
  7. wow, dulu tiket masuk masih 5.000 ya???
    sekarang udah 30.000,.

    nice picture :)

    # Sewa Mobil dan Motor murah Jogja
    http://www.jogjaempatroda.blogspot.com/
    http://www.sewamotorjogja.com/

    BalasHapus